multiple gateway, problem ftp server

Judul tersebut yang saya pakai untuk mencari tutorial digoogle karena setelah install pfsense dan mengoprek loadbalance/fail over, setelelah berhasil yang menjadi masalah adalah mengenai ftp server, Sebelum di maki-maki user yang sangat intent sekali dengan internet, segera aja deh di cari penyebabnya…. sebelumnya load balance saya pake menggunakan mikrotik dump kelemahanya setiap 5-10 menit pasti diskonect untuk menggunakan jalur internet satunya, hasilnya:

  • YM putus nyambung…
  • MIRC juga…..
  • Donlot yang menggunakan verifikasi kode (rapid,driverguide, dll) sering dc dan gak bs di resume jadi harus muai dari awal lagi.
  • Di maki-maki org pastinya…

Sebelumnya berniat untuk mo ambil product linksys untuk solusinya, saya liat ada yang 2 wan connection yang saya baca2 riviewnya memang di desain untuk double gateway…tapi masak iya cuman ruternya aja harus beli, sementara banyak komputer buntut yang gak ke pakai, akhirnya cobain pfsense distro turunan freebsd yg di installl ke PC yang sudah cukup tua (P II, Mem 64 MB, HD 3GB, 3 Lancard) sangat minimalis sekali….

settinganya sangat mudah sekali (web based) mirip setting access point, tinggal klak-klik aja di menu-menunya.. saranya pahami dulu konsep networking untuk mensetting menggunakan web based, jd tidak asal klik seperti saya hehehhe….

Solusi untuk mengenai ftp server td adalah masuk pada menu interface-lan kemudian aktifkan ftp helpernya kemudian cek di firewall rules di situ sudah otomotis tertulis rules untuk FTP dengan default port…

reference… http://devwiki.pfsense.org/FTPTroubleShooting

4 Responses to multiple gateway, problem ftp server

  1. persikmania says:

    waduw ga mudeng aku😀

  2. VBRIE says:

    aku pake mikrotik, lancar2 aja kok, tp emang sih pake XP bukan linux…aku gak pernah diskonek, kalaupun diskonek cuma reset radio aja, butuh 10detik…

  3. allcanin says:

    aq tos kambek persikmania…. Gak Dong belass…
    /me set mode Tolah Toleh On😛

  4. banksonk says:

    bos mending langsung scriptingnya….oyi…:D

Leave a Reply

